Tutorial, Tip dan Trik, Inspirasi,Berbagi


SELAMAT DATANG DI BLOG KANG DENI SEMOGA BISA MEMBERIKAN MANFAAT UNTUK SEMUA

Sabtu, 03 April 2021

Sejarah Piala Thomas dan Uber

Sejarah Piala Thomas dan UberBadminton atau biasa dikenal dengan nama Bulu Tangkis adalah sebuah Olahraga yang sangat ternama, mungkin setelah Olahraga Sepakbola.  
Nama Thomas dan Uber diambil dari pemain legendaris di dunia bulutangkis, Piala Thomas diambil dari nama  ketua IBF pertama asal Inggris sekaligus Pemain Legendari Bulu Tangkis yang telah menjuarai All England sebanyak empat kali berturut-turut antara tahun 1903-1927 yaitu Sir George Alan Thomas, dia juga sekaligus yg menjadi pelopor untuk diadakan Kompetisi Dunia di dalam Olahraga tepok bulu ini sama seperti halnya World Cup pada Olahraga Sepakbola.

Setelah sembilan tahun lamanya bergelut di Olahraga Badminton ini, Sir George memberikan IBF sebuah piala hasil karya seorang pengrajin perak bernamaAtkin Bros. Piala setinggi 28 inci ini bertuliskan “The International Badminton Championship Cup presented to the International Badminton Federation by Sir George Thomas, Bart., 1939“. Di atas mangkuknya terdapat patung kecil atlet bulutangkis.

Awal pertandingan Thomas Cup ini berlangsung dinegara Preston dan Negara Malaya (sekarang Malaysia) merupakan Negara yg pertama kali memboyong Piala Thomas setelah mengalahkan Tim Thomas Denmark di partai Final dengan skor 8-1.

Jika Piala Thomas “dibuat” oleh Sir George Alan Thomas, Piala Uber didapat dari nama Sang legendaris Bulu Tangkis dari Inggris di era 1930-an yaitu Betty Uber. Bentuk Piala Thomas Uber berbentuk bola dunia yang pada bagian atasnya terdapat patung pemain bulutangkis wanita yang sedang mengayunkan raket. Piala ini juga terbuat dari perak dengan tinggi kurang lebih 18 inci dan dibuat oleh Messrs Mappin & Webb di London.

biografi sir george alan thomas
Sir George Alan Thomas, (lahir di Turki14 Juni 1881 – meninggal 23 Juli 1972 pada umur 91 tahun) adalah seorang pemain catur, bulu tangkis dan tenis berkebangsaan Inggris. Dia dua kali menjuarai catur di Inggris dan tujuh kali menjuarai kejuaraan badminton All-England. Dia juga bermain di semi-final tenis ganda putra di Wimbledon pada tahun 1911.
Share:

Pengunjung

Flag Counter